Mengatasi HP yang mempunyai masalah Software

Diposting oleh fael pada 00:37, 05-Sep-10

Di: Tips dan Trik

Kebanyakan yang kita lakukan ketika ponsel error adalah membawa ponsel kita ke pusat reparasi ponsel, bener gak?. Sebenarnya kita gak perlu terburu-buru, mungkin saja ponsel cuma mengalami sedikit masalah software, atau karena efek dari suatu aplikasi. Kalau anda bisa memperbaiki sendiri kenapa tidak, hitung-hitung penghematan. Coba anda ingat, pernah gak anda mengalami hal berikut ini:
- Kinerja ponsel lambat atau tak berfungsi sama sekali.
- Sering restart atau auto on of.
- Sering mati sendiri dalam beberapa menit atau jam.
- Tak ada dering akibat mengaktifkan menu switch off tapi tak tahu cara mengaktifkannya.
- Menulis SMS tak bisa tampil abjad/huruf, yang tampil hanya Numerik atau angka.
- Tidak bisa tulis SMS akibat foldernya hilang.
- Salah satu menu icon pada ponsel tak bisa diaktifkan.
- Muncul pesan PHONE LOCK.
- Tampilan menu kacau dan tak beraturan.
- Kena Virus.
- Muncul pesan "application closed".
- Muncul pesan "system Error".
- Muncul pesan "Phone start UP CONTACT RETAILER".
- Blink nokia pada ponsel Nokia seri symbian.
- Kamera error saat ambil gambar atau muncul pesan kamera NOT READY dan tak bisa digunakan.
- Muncul pesan " MEMORY FULL" padahal isi memory masih banyak kosong.
Kalau pernah, jangan dulu dibawa ke tempat reparasi. Kalau masalahnya cuma terletak pada masalah software dan gak parah, kita pun bisa mengembalikan ponsel anda seperti semula, tetapi tentu cara ini ada resikonya, semua data anda akan hilang, maka untuk itu perlu dilakukan backup terlebih dahulu. Berikut caranya:
Cara-cara Reset berdasarkan kerusakan atau gangguan yang sering ditemukan:
1. Nokia seri 60
- Pastikan baterai full atau minimal terisi setengahnya untuk mencegah gagal melakukan proses rebooting.
- Sebaiknya jangan gunakan kartu memori karena dapat mengakibatkan kartu memory tak terbaca setelah proses rebooting.
- Proses reset dilakukan pada saat ponsel hidup dan menggunakan simcard.
- Masukkan kode *#7780# lalu akan tampil pesan notifikasi pada layar untuk melakukan reset, tekan OK. Setelah itu, Anda diminta memasukkan security kode phone, masukkan kode standarnya yaitu 12345, ponsel akan mereset data tersebut dan tunggu sampai proses selesai. Jika kode sandar sudah diubah, Anda tak dapat melakukan proses ini.
- Masukkan kode *#7370# . lakukan proses seperti soft reset. Langkah ini sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah pada ponsel Nokia seri 60.
- Ponsel dalam kondisi mati dan menggunakan baterai (penggunaan baterai sama seperti di atas).
- Lepaskan kartu memori.
- Tekan sakelar On, setelah ponsel hidup segera tekan tombol" call + * + 3 secara bersamaan.
- Setelah tekan tombol tersebut akan tampil pesan format pada layar ponsel, biarkan dan tunggu sampai proses tersebut selesai. Langkah ini cukup efektif untuk mengatasi Phone start Up contact retailer dan blank Nokia.
2. Nokia seri 40
- Proses reset dilakukan saat ponsel hidup dan menggunakan simcard.
- Ketik tombol *#7780#.
- Tekan Ok.
- Masukkan kode standar 12345.
- Tekan yes, kemudian ponsel akan restart.
Langkah ini cukup efektif untuk mengatasi restart dan auto off pada ponsel seri Nokia 40.
3. Nokia communicator (9210, 9300, & 9500)
- Matikan ponsel.
- Lepaskan baterai dan memory eksternal.
- Tunggu sekitar 10 detik lalu masukkan kembali baterai.
- Buka ponsel untuk melihat layar dalam, setelah layar dalam hidup segera tekan tombol CTRL + SHIFT + F secara bersamaan. Proses ini dilakukan sebelum tampil gambar tangan pada layar dalam.
- Setelah itu akan tampil pesan notifikasi apakah Anda akan melakukan format ponsel?
- Tekan OK dan tunggu sampai proses selesai. Langkah ini cukup efektif untuk mengatasi hang , restart, dan kinerja ponsel yang lambat pada seri communicator.
4. Nokia 7710 & 7700
- Matikan ponsel.
- Lepaskan baterai dan memory eksternal.
- Tunggu sekitar 10 detik lalu masukkan kembali baterai.
- Ketika tampil tulisan Nokia pada layar ponsel, segera tekan dan tahan tombol kiri di atas tombol menu + tombol menu + tombol nomor dua dari kanan atas ponsel.
- Setelah itu, akan tampil pesan notifikasi untuk melakukan format ponsel.
- Tekan tombol proceed.
- Tunggu sampai proses selesai. Langkah ini cukup efektif untuk mengatasi hang dan menu sulit difungsikan.
5. Nokia CDMA
- Masuk ke menu utama.
- Pilih "setting".
- Pilih "restore factory setting".
- Tampil pesan pada layar "security Code" lalu masukkan kode standarnya: 12345.
- Tekan Ok.
6. O2 Mini
Cara reset:
1. Pastikan baterai dalam keadaan penuh.
2. Tusuk stylus ke lubang restart lalu tekan tombol power secara bersamaan.
3. Kemudian tunggu proses reset sampai selesai.
7. O2 Atom
Cara reset:
1. Pastikan baterai ponsel dalam keadaan penuh.
2. Siapkan stylus pada lubang reset.
3. Tekan tombol power.
4. Tekan tombol send button atau tombol untuk melakukan panggilan telepon.
5. Tekan pada tombol end call atau tombol untuk mengakhiri panggilan.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

61 tanggapan untuk "Mengatasi HP yang mempunyai masalah Software"

APLIKASI HP & FACEBOOK pada 23:34, 05-Sep-10

Kalau mau mengembalikan ke pengaturan awal untuk nokia tipe 1110,1112,1600,2310 & sejenisnya gmna sob?
Kalau kode sandinya sudah diubah

Fael pada 23:52, 05-Sep-10

gak mslh bro, yg penting masih ingat kode sandinya gak??...

APLIKASI HP & FACEBOOK pada 01:44, 06-Sep-10

Itulah sbbnya aku nanya sob.
Klw kode sandinya yg lupa,jd solusi gmna gitu.

Fael pada 01:50, 06-Sep-10

harus diflash atw dibawa ke t4 reparasi hp bro , krn bkn symbian 60(s60) , cara satu2nya hanya itu bro ...

APLIKASI HP & FACEBOOK pada 00:41, 07-Sep-10

Oh. Q kira bs diformat kyk symbian mas.
Ohya mas, ada gak alamat facebook kmu?
Klw ada,jgn lupa sm akun saya di
http://m.facebook.com/karangcaya

radana pada 00:37, 04-Okt-10

good job

Imam Kusdinar pada 19:20, 21-Okt-10

Klw bwt hp nOkia 3110c g'mNa bwt format.na?

fael pada 17:02, 23-Okt-10

imam@ ... haruz di flash br0.., makluM nokia 3110c kan s40 bkn s60 .., biggrin

ipan pada 22:55, 11-Nov-10

ya mz gini punya aq klo dah mti gk idup lg dn hrus di flas tu gmn solusina kirim ja ke ipan-dolars.blogspot.com mksi sbelumna

dendi pada 07:09, 11-Jan-11

aq mhon ksih tau...knpa aplikasi d'hp aq nokia 3110 gk bsa d'gna kn

fael pada 14:07, 11-Jan-11

dendi@..., hape lu harus di flash tuh bro,

Cyberaehan pada 23:07, 23-Mar-11

S60 v5,tekan tombol power trus tahan tombol call,end call,dan camera.,sampai logo bersalaman,,

didit pada 08:44, 10-Apr-11

permisi abang2 skalian..hp aq 6300,pmasalahanya sering mati dlm bbrapa mnt,udah aq restat,tapi ko masalahnya masih muncul.

Wili pada 21:49, 25-Mei-11

... Bantuanya dung Gan..
musik player ga mau refresh udah dimatin cabut memory stlh dipsng kmbali tetep ga bisa... Hp Ku E71...
Oya... Skalian mas bro...
Stiap sya ajuin prtanyan ini ga prnah di balas pada blog2 di MWB.. Entah sibuk atau apa..
Jdi buat.... Master Fael..
Tlng jawab yua...
Ini msalah thames effect kdang menu bisa muter2 sama ada effect daun gugur kdang tidak knapa yua....
Help me.... Ku penasaran banget soalna.... Tanpa itu kurang rasanya effect ku

Wili pada 21:51, 25-Mei-11

... Bantuanya dung Gan..
musik player ga mau refresh udah dimatin cabut memory stlh dipsng kmbali tetep ga bisa... Hp Ku E71...
Oya... Skalian mas bro...
Stiap sya ajuin prtanyan ini ga prnah di balas pada blog2 di MWB.. Entah sibuk atau apa..
Jdi buat.... Master Fael..
Tlng jawab yua...
Ini msalah thames effect kdang menu bisa muter2 sama ada effect daun gugur kdang tidak knapa yua....
Help me.... Ku penasaran banget soalna.... Tanpa itu kurang rasanya effect ku

Resta Endro Marjono pada 09:59, 17-Jun-11

lam knal bos , kalo s40 tidak bisa baca aplikasi ada solusi gak bos . . . Udah hard reset tetep gak bisa . .

Naufal Luthfi pada 14:25, 10-Jul-11

kk yang saya softwarenya kena nih tapi saya pake esia C5100....
pas dinyalain gk bisa ngapa2in cuman keluar text "fs pm loz.c 00329" Berwarna Merah Dengan Back Ground warna putih "BLANK" Tiap Dinyalain Gitu aja kk
Dimatiin Juga Gk Bisa (Kecuali Dicabut Baterainya)Tolong Informasinya y kk
Kirim Email "Coffe_Park_Amstrong@yahoo.co.id"
Maaf Ngerepotin kk =))

fael pada 14:50, 16-Jul-11

wili@...,
hpx harus di hard reset tuh bro...,
klw soall theme effect pake patches e2z.rmp...,
jgn pake rompatcher..., pake rpdomain plus.s..,

salmanrindu pada 02:42, 12-Agu-11

bos,hp ku nokia 6600 klo MMC nya q pasang pasti hp ku 'system error'. Gak bisa tampilkan menu,mo sms ga bisa,buka phonebook jg ga bisa. Klo MMC q lepas hp kembali normal. Di MMC q ( 512MB ) byk aplikasi yg terinstal. Bantu aq bos, gmn caranya memperbaiki ? Udh q cb hard reset ( aq pasang jg MMC wkt melakukan hard reset ) tp ttp ga bisa. Klo bisa kirim ke emailku ea bos, mksih smile
salmanrindu@gmail.com

Asazuke pada 12:48, 26-Agu-11

Kalau buat reset memory internal gmana bro,
pke hpe 3110c
coz message ane kosoNg pdhl d.cek memOry pesan 384 kb,
n bila mau d.isi file prov 2h penuh pdhl cuma ada 5 file pRov,
mhoN bntUan.y
thnx

agil pada 13:54, 01-Okt-11

gimana service HP N1600 V6.00 RH-64 yg gagk bisa buat ngirim sms,
code pengaman jg gak bisa dibuka,
gag bisa direset ulang,

trus HP N1650 V5.91 RM-305 yg gag ada ringtone nya, alias klo di setting tone lngsung ngrestart, cm bisa di setting tone sms doang.

mohon bantuannya, thx

krisna pada 00:21, 18-Des-11

gan,tlngin gw donk,hp gw 5800xm,,kenapa jd blank,layar hnya brwrna putih,tombol tdk brfungsi,,,itu trjdi stlh gw jlni win3.11,,trus gw buka btre,,slanjutnya hp gw blank,,udh gw coba buka btre gk bisa jg..tlng donk saranya..thx

krisna pada 00:21, 18-Des-11

gan,tlngin gw donk,hp gw 5800xm,,kenapa jd blank,layar hnya brwrna putih,tombol tdk brfungsi,,,itu trjdi stlh gw jlni win3.11,,trus gw buka btre,,slanjutnya hp gw blank,,udh gw coba buka btre gk bisa jg..tlng donk saranya..thx

putra pada 23:12, 07-Peb-12

gimana ya mas hape nxm 868 ko buat buka pesan dan tulis pesan tidak bisa. sama buka web juga tdak bisa

putra pada 23:30, 07-Peb-12

q butuh bantuannya dong mas. hpq nexian 868 layar sentuh. ko gak bisa buat tulis pesan maupun buka pesan.apa lagi buat buka web jugak tdak bisa. mohon bantuanya ya mas. trmksh

feny pada 22:15, 25-Peb-12

iya ni saya juga hp nexian layar sentuh masa gk bisa nulis pesan sama baca pesan .
itu kenapa sii ??

udin irhat pada 11:14, 27-Peb-12

gan.. Mo tanya , sya kan puny hp 6600 jadul. Tpi knapa klo di pasang MMC sistem salah.. Mksh sbelume Gan ?

fael pada 11:44, 28-Peb-12

udin@ dah coba pake MMC lain blum??,, mngkin MMC ada virus,, coba di backup lalu di format MMCx trus masukkin ke hp agan,,, klw tdk bisa lagi coba di hard reset hpx,,, jgn lupa backup dulu yah gan..,

dio alif pada 20:22, 08-Apr-12

gan gmana nih hp saya yg nokia 3110c tiba2 layarnya mati tapi hpnya hidup,udh sminggu layarnya mati

Sabri pada 18:02, 17-Jul-12

Mt sore.Itu semua dah ane lakukan tpi msih aja menu gk bisa kebuka..

Ervan pada 03:42, 11-Sep-12

Gan mau tanya, nokia 3110c menu playlist eror tu pa pnyebabnya.
N gmana solusinya,
thank dtugu bntuanya biggrin

aris rizal pada 22:10, 22-Sep-12

minta tolong ya bro....
hp aq SE w8....
kenapa og stiap memutar musik slalu mati ktika layar jg mati,intinya musik akan terus nyala ketika layar jg nyala,dan akan mati ketika layar jg mati,tolang beri pemecahan masalahnya,makasih...

yasin pada 23:08, 23-Nov-12

salam kenal sob, ane jg punya mslah yg sama ama bang udin. Gmna solusi nya ea?

yuvita ristiana pada 20:45, 25-Des-12

mf sy mo ty hp sy nokia N500 kenapa setiap ada panggilan layar hp selalu padam padahal sebelumnya kl ada panggilan layar pasti nyala...tolong solusinya gimana y makasih..

safar pada 14:59, 01-Jan-13

handphone saya serial 04 setelah saya melakukan trik tersebut kenapa kamera saya tetap gakmau baca?

casper arab pada 13:11, 21-Peb-13

hahahahahaha maaf mas brow end mbak brow, yang komen disini semua yang punya situs blog ini lagi sibuk. munkiin yuvita ristiana hp anda coba di kembalikan ke pengaturan awal dulu atau di sofwere kedeteknya gimana? bisa jadi driver Lcd hp kamu timahnya jelek ganti aja duechh pasti nyusss. coba pasang Lcd lainya apa masih kumat kagak tuch

inox pada 11:52, 22-Mar-13

hp nexian G857 layar sentuhnya bisa di gunakan tp lelet brow klu di pencet padahal dah ganti bru...kira" komponen apanya brow yg perlu di perbaiki...mohon bantuanya brow.
mksh sblmnya..

Http://bloggoblog.Heck.In pada 17:20, 26-Mar-13

hpku juga sama nokia 6600 klo MMC
nya q pasang pasti hp ku
'system error'. Gak bisa
tampilkan menu,mo sms ga
bisa,buka phonebook jg ga
bisa. Klo MMC q lepas hp kembali normal.Udah ane hard reset dgn mmc terpasang..Tp gk bisa..Tlg bantu in ane akan tetep liat halaman ini

bayu pada 10:54, 13-Apr-13

aku punya masalah pada N70 blank putih...tolong bantuanya bro.......

ozayalfarizhie pada 19:42, 29-Apr-13

gan.tlp bntuany nich,
Hp ane nokia e71.tiap buka kamera sllu da prgatan,
"camera fitur tdk di dkg"
Tlgn donk.

JALIL pada 03:37, 01-Mei-13

Assalam,aku punya hp layar sentuh csl touchmi G33 cara restar gimana karena hp tsb aktif pone locknya,saat hp di ON kan dilayar minta masukkan kode,terus aku masukkan kode 1122(kode tsb masih standar)terus dioke beberapa saat kemudian seluruh tombol tidak berfungsi.

Raharjo pada 16:28, 04-Mei-13

Gan t0long gw d0nk. . .
Hp gw N 3110classic
gx bisa buka themes, mp3, n memory internal kadang full cndiri, padahal gax ada isinya. . .

Rochman pada 17:53, 12-Mei-13

Gan mau tanya nee hp sya nokia 7610, softwarenya gk bsa d buka.. Itu knpa ?

upin pada 19:37, 15-Mei-13

hp q E63 hacked bro.
Gax bsa buka phonebook,. Gmna solusinya ?

rian pada 04:01, 17-Mei-13

Kenapa ketika di masukkan kode standar 12345 katanya kodenya salah...

bangrony pada 19:25, 09-Agu-13

sudah tak tekan *#7780# trus minta sandi tk masikin 12345 gak fungsi sandi salah

maulljava pada 22:17, 18-Agu-13

x6 16 giga.. Touchscreen pojok kanan bawah tidak berfungsi hanya saat di pake sms,enter pesan wechat,whatsapp.. Tapi touchscreen normal saat di fungsikan yg lain semisal game,kembali,kamera,bagian pojok kanan bawah normal,. Tolong master..secara logika bukan touchscren nya yg rusak kan.? Jawab..
085649020203 makasih master

Totox igato pada 15:58, 08-Sep-13

minta bantuan'y donk gan ,hp ak nokia 500 symbian belle kalok di pasang kertu sim sering restar sendiri,tapi kalok gk di pasang kertu sim lancar2 gmana thu gan?

aing pada 11:47, 23-Sep-13

q udah nyoba semua tpi tetep ajah gan sitem eror sa't di hidupkan tlong bantuan nya punya q 5233

Reza Ponsel MyWapBlog pada 03:59, 19-Nov-13

Sangat bermanfaat gan.

noe pada 16:47, 24-Nov-13

bantuanya.
hp saya nokia 5233. hp saya gk bisa dipakai buat koneksi internet, padahal pengaturan internetnya udah benar. slalu ada tulisan browser tidak dapat menyambung ke situs web.
tolong bantuanya,

sugi a7x pada 01:54, 27-Nov-13

adag gak solusi buat benerin hp nokia 1600, masalahnya kalo di hidupin nyala tapi sampe keluar tulisan nokia , macet tulisan nokia aja,. Lama-lama udah mati sendiri, . Itu kira-kira rusak-nya apa + benerinya gimana ? Apa harus ke tukang service .? Mohon bantuanya. Jawab di blog saya/ langsung ke no ini +6287888712562 thank's

herman pada 18:52, 11-Des-13

kalo handpone nya nokia 5233 gmn sob cara neken tombol call+*+3, kan hp nya layar sentuh????

Dwi pada 19:45, 16-Des-13

Maaf min, ini camera saya kok gak ada tampilannya? Padahal kalau ditampilkan di opsinya bisa, cuman layarnya gak ada. Gimana min? Hp saya e63. Mohon bantuannya min. Sudah saya kembalikan ke pengaturan awal juga. Tapi masih gak bisa. Ini terjadi ketika hp saya sudah saya hack. Trimakasih!!

Novan elia pada 01:32, 26-Des-13

Gan hp ane nokia ane kok wifi.nya gag jlan.. Bwat browser slalu ga2l... Mhon dbantu.. Mkasin sblumnya..

idris pada 21:40, 08-Jan-14

kalau e63 startup failed, contact the retailer., pake cara yg mana ya bro?

ayux pada 00:01, 11-Jan-14

la itu ntar smwa isi dr hp termasuk fto kehapus g?

pOeL pada 10:44, 11-Jan-14

.mau tanya d0ng knp saat mau udpdate software nokia 5233 muncul terus connection error pdhl setting internet udah bener ,,ksh tau lah ,

simon pada 23:07, 09-Peb-14

bantuanya dong,,,
aq dari kampung di Papua aq juga punya masalah dgn hp aq,, hp aq nokia 500 sdh 2 hari ini eror layar sentuhnya kak bisa berfungsi sama sekali kalau tombol menu cll bisa tapi layarnya tdk bisa bagaimana yaa.. solusinya dong..

simon pada 23:12, 09-Peb-14

halloo...
bantuannya dong.. hp saya sdh 2hri ni eror layar sentuhnya tdk berfungsi sama sekali padahal tombol menu cll bisa rus kalau mau matikan juga musti buka batray gemana eaa,, solusinya dong,,

andy pada 17:36, 06-Agu-14

Nii kamera gw ga bisa masuk. Kenapa yaa.. ?

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar